-->

Ini Harga Menginap Hotel Gunung Parang di Purwakarta

Ini Tarif Menginap di Hotel Gantung di Tebing Gunung Parang Purwakarta

PURWAKARTA - Sky Lodge atau Hotel Gantung di tebing Gunung Parang, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, sudah berdiri satu unit di ketinggian tebing 400 meter.

Sky lodge juga bisa ditemukan di Peru, Amerika Latin. Sky lodge di Gunung Parang disebut pertama di Asia. Pengelola wisata petualangan minat khusus Gunung Parang, sudah menawarkan biaya menginap per malam di hotel tebing itu.

"Biaya per malam sekitar Rp 3 juta hingga Rp 4 juta. Pelayanannya sama seperti di hotel pada umumnya," ujar Dhani Daelami (45) dari Badega Parang, operator wisata Gunung Parang di sekretariatnya di Purwakarta, Senin (16/10/2017).

Biaya itu termasuk asuransi kecelakan, makan minum, petualangan di Gunung Parang berupa panjat tebing setinggi 900 meter via verrata. Sejak masa kontruksi yang dibantu pendanaannya oleh Pemkab Purwakarta hingga rampung, banyak peminat yang sudah memesan.

"Sekarang sudah ada yang memesan. Insya Allah tanggal 19 Oktober jika tidak ada halangan sudah ada yang akan menginap di atas," ujar Dhani seraya menyebut saat ini sudah banyak pemesan hotel dengan peminat khusus ini.

Ia menjelaskan, ruangan hotel disangga oleh 20 tali besi yang menancap di tebing. Satu tali mampu menahan beban 1 ton. Ruangan kamar memiliki panjang 6,5 meter, serta lebar dan tinggi 2,5 meter. Ini terdiri dari ruangan tempat tidur, ruang balkon tengah dan toilet.

"Sehingga keamanannya terjamin. Gunung Parang ini batuan andesitnya sangat kokoh," ujar Dhani yang sempat memanjat Puncak Karsten dan Kilimanjaro di Afrika Selatan ini.

Untuk menuju hotel, pengunjung harus mendaki tebing setinggi 400 meter lebih via verrata disertai tali pengaman. Setelah menca‎pai titik 400 meter tersebut, pengunjung diharuskan menyebrang ke kapsul ruangan kamar hotel karena tangga besi tidak terpasang di jalur horisontal.

"Dari sana ‎menyebrang dengan teknik tyrolean sepanjang kira-kira 30 meter langsung ke dekat kapsul. Nanti masuknya dari atap. Di ruangan sudah ada tempat tidur dilengkapi Air Conditioner (AC) dan listrik. Dinding kamarnya transparan sehingga pemandangan di luar terlihat jelas dengan view Bendungan Jatiluhur," ujarnya



Advertiser